Monday, February 22, 2016

Tag:

Pengertian IP Address pada sebuah jaringan

IP Address merupakan alamat komputer yang terhubung pada sebuah jaringan. Atau alamat komputer agar komputer bisa saling terhubung dengan komputer lain, IP Address terdiri dari 2 versi yaitu IPv4 (IP versi 4) dan IPv6 (IP versi 6). IPv4 sering digunakan dibanding IPv6, IPv4 adalah sebuah jenis pengalamatan jaringan komputer yang digunakan alam protokol jaringan TCP/IP yang menggunakan protokol IP versi 4. Kali ini yang akan dibahas lebih lanjut adalah IPv4.
Dalam penulisan IPv4 terdiri dari 4 blok, setiap blog terdiri dari angka 0 - 255. Contoh IP address yang sering digunakan dalam jaringan adalah 192.168.1.1. IP Address memiliki 2 bagian yaitu Net ID dan Host ID.

  1. Net ID adalah alamat jaringan (network prefix) yang dijadikan sebagai identitas dari suatu jaringan (yang digunakan untuk menunjukkan jaringan komputer berada)
  2. Host ID adalah alamat komputer yang yang berperan sebagai identitas host dalam suatu network (bagian dari IP Address yang digunakan untuk menunjukkan workstation, server, router dan semua host TCP/IP lainnya dalam jaringan tersebut.
Penulisan IPv4 adalah aaa.bbb.ccc.ddd dimana nilai a,b,c,d nya adalah 0-255. Panjang bit pada IPv4 sebanyak 32 bit yang terdiri dari 8 bit pertama, 8 bit kedua, 8 bit ketiga, 8bit keempat. IPv4 terbagi menjadi beberapa kelas, yaitu Kelas A, Kelas B, Kelas C, Kelas D dan Kelas E. Perbedaan tiap kelas adalah pada ukuran dan jumlahnya.

IP address
Panjang bit Net ID
Kelas A 8 bit
Kelas B 16 bit
Kelas C 24 bit
Kelas D tidak ada
Kelas E tidak ada

IP address
Panjang bit Host ID
Kelas A 24 bit
Kelas B 16 bit
Kelas C 8 bit
Kelas D tidak ada
Kelas E tidak ada

  1. Kelas A untuk netID nya adalah aaa, dan untuk hostID nya bbb.ccc.ddd
  2. Kelas B untuk netID nya adalah aaa.bbb dan untuk hostID nya ccc.ddd 

  3. Kelas C untuk netID nya aaa.bbb.ccc dan Host ID nya ddd
  4. Kelas D digunakan untuk multicasting
  5. Kelas E digunakan untuk eksperimen

Penulisan IP address pada sebuah komputer adalah sebagai berikut:


Kerjakan soal dibawah ini "Lebih sempurna bila menggunakan Chrome"

Hasil soal tersebut bisa anda cetak

Tentang Artikel Artikel

Salam dari admin. Terimakasih sudah membaca artikel ini, dan silahkan tinggalkan komentar tentang artikel yang sudah anda baca baru saja. Selamat membaca di artikel kami yang lain.

0 comments:

Post a Comment

 

Iklan