Friday, January 15, 2016

Tag:

Langkah-langkah dalam pembuatan analisis KI dan KD

Sebelum membuat RPP alangkah baiknya kita membuat analisis KI KD terlebih dahulu. Hal ini diperlukan agar dalam pembuatan RPP sesuai dengan Silabus dan analisis KI KD. Ada beberapa yang perlu diperhatikan dalam membuat analisis KI dan KD diantaranya adalah

  1. Kompetensi Dasar
  2. Materi Pokok
  3. Materi Pembelajaran
  4. Alternatif Pembelajaran
  5. Sikap (Indikator dan Penilaian)
  6. Pengetahuan (Indikator dan Penilaian)
  7. Keterampilan  (Indikator dan Penilaian)

Dari ke tujuh point tersebut yang paling mudah pada kompetensi dasar dan materi pokok. Karena kedua hal tersebut ada dalam silabus. Nah bagaimana dengan no. 3 sampai 7??????
Untuk nomor 3 ada tiga hal yang perlu diperhatikan diantaranya adalah:
  1. Fakta
  2. Konsep
  3. Prinsip
  4. Prosedur
Nah pada kesempatan kali ini penulis akan membahas mengenai ketiga "materi pembelajaran"

No
Jenis Materi
Pengertian dan Contoh
1 Fakta sebagai faktor nyata atau suatu realitas yang ada di suatu tempat dan dalam waktu tertentu tentang apa yang kita amati (lihat ,dengar, raba ,cicip dan cium), realitas yang kita amati itu bisa berupa kejadian, benda simbol sifat dan lain sebagainya. Fakta dapat dipahami dalam tiga bentuk; pertama fakta yang berupa benda seperti batu, pohon, orang dan sebagainya. Kedua berupa situasi atau kondisi seperti panas, kotor, bising dan sebagainya. Ketiga peristiwa atau kejadian seperti kebakaran, perkelahian dan proses lainnya.
Contoh:
Jenis-jenis sistem operasi jaringan (open source dan close source), pembagian roti secara rata, 7 hari dalam satu minggu, pembagian IP berdasar jumlah komputer
2 Konsep dapat difahami sebagai gambaran umum dari suatu ide atau gagasan dari sistem penalaran. Biasanya gambaran umum itu sifatnya abstrak. Dalam sistem penalaran, kita harus memberikan batas atau ruang lingkup agar jelas terbeda sesuatu dengan yang lain, baik bentuk, sifat atau material dari ide atau gagasan tersebut. Misalnya tentang “meja” akan lebih jelas dengan sebuah konsep. Dan akan bereda dengan “kursi” karena konsep tadi. Konsep tentang meja berbeda dengan konsep tentang kursi.
Contoh
Sistem Operasi Jaringan adalah sebuah jenis sistem operasi yang ditujukan untuk menangani jaringan, jika tidak di install sistem operasi jaringan maka client tidak akan mendapatkan layanan dari server.
Sistem Operasi adalah komponen pengolah piranti lunak dasar (essential component) tersistem sebagai pengelola sumber daya perangkat keras komputer (hardware), dan menyediakan layanan umum untuk aplikasi perangkat lunak.
3 Prinsip Dalam menyusun RPP hendaknya memperhatikan prinsip-prinsip sebagai berikut :
  1. Perbedaan individual peserta didik antara lain kemampuan awal, tingkat intelektual, bakat, potensi, minat, motivasi belajar, kemampuan sosial,emosi, gaya belajar, kebutuhan khusus, kecepatan belajar, latar belakang budaya, norma, nilai, dan/atau lingkungan peserta didik.
  2. Partisipasi aktif peserta didik.
  3. Berpusat pada peserta didik untuk mendorong semangat belajar, motivasi, minat, kreativitas, inisiatif, inspirasi, inovasi dan kemandirian.
  4. Pengembangan budaya membaca dan menulis yang dirancang untuk mengembangkan kegemaran membaca, pemahaman beragam bacaan, dan berekspresi dalam berbagai bentuk tulisan.
  5. Pemberian umpan balik dan tindak lanjut RPP memuat rancangan program pemberian umpan balik positif, penguatan, pengayaan, dan remedi.
  6. Penekanan pada keterkaitan dan keterpaduan antara KD, materi pembelajaran, kegiatan pembelajaran, indikator pencapaian kompetensi, penilaian, dan sumber belajar dalam satu keutuhan pengalaman belajar.
  7. Mengakomodasi pembelajaran tematik-terpadu, keterpaduan lintas mata pelajaran, lintas aspek belajar, dan keragaman budaya.
  8. Penerapan teknologi informasi dan komunikasi secara terintegrasi, sistematis, dan efektif sesuai dengan situasi dan kondisi
4 Posedur Bagan arus atau bagan alur (flowchart), algoritma, langkah-langkah mengerjakan sesuatu secara urut.
Contoh:
Langkah-langkah menjumlahkan pecahan ialah:
  1. Menjumlahkan pembilang dengan dengan pembilang dari penyebut yang telah disamakan.
  2. Menuliskan dalam bentuk pecahan hasil penjumlahan pembilang dan penyebut yang telah disamakan
Semoga bisa lebih bermanfaat untuk anda semua

Tentang Artikel Artikel

Salam dari admin. Terimakasih sudah membaca artikel ini, dan silahkan tinggalkan komentar tentang artikel yang sudah anda baca baru saja. Selamat membaca di artikel kami yang lain.

0 comments:

Post a Comment

 

Iklan